4 Kebiasaan ‘Sepele’ yang Membuatmu Terlihat Kurang Cerdas

4 Kebiasaan ‘Sepele’ yang Membuatmu Terlihat Kurang Cerdas

4 Kebiasaan ‘Sepele’ yang Membuatmu Terlihat Kurang Cerdas

(Yemima Prasetya Christiana Putri | Beautynesia, kamis, 10 Nov 2022 08:00 WIB)

 

Sarinah News, – Malang, Artikel ini pernah muat di Beautynesia.com dan ditulis oleh Yemima Prasetya Cristina Putri | Beautynesia, kamis, (10/11).

Ini Kebiasaan ‘Sepele’ yang Tanpa Sadar Bisa Membuatmu Terlihat Kurang Cerdas/Foto: pexels.com/pavel-danilyuk

Beauties, apakah kamu memiliki kebiasaan buruk yang susah kamu hentikan? Atau pernahkah kamu melihat temanmu selalu berperilaku buruk dan membuat orang di sekitarnya merasa risih melihatnya?

Sadarkah kamu bawah perilaku buruk yang ada pada diri kita dapat menuai penilaian buruk dari orang lain. Kita bisa dianggap kurang cerdas ketika sering melakukan kebiasaan buruk yang kita anggap sepele. Bahkan orang pun enggan mendekati atau berteman dengan kita.

Mungkin kita akan membela diri bahwa apa yang menjadi kebiasaan kita adalah sifat dan karakter kita, maka orang lain harus menerima segala kekurangan kita. Namun, apakah kita akan menerima jika orang lain melihat kita sebagai pribadi yang kurang cerdas? Tentu saja kita tidak mau jika orang-orang akan menjauhi kita kan, Beauties?

So, mari kita simak keempat kebiasaan sepele yang membuat kita bisa terlihat kurang cerdas. Simak di sini ya!

 

1. Sering Mengumpat

Orang yang sering mengumpat atau berkata kasarmenandakan orang yang mudah tersulut emosinya. Saat orang melihatmu sering mengumpat dengan penuh emosi, maka kamu akan dianggap kurang cerdas karena pikiranmu terlalu pendek untuk mencerna suatu masalah.

Orang yang cerdas seharusnya akan diam untuk berpikir dulu sebelum mengeluarkan kata-kata kasar saat dirinya sedang dilanda masalah. Jika kamu memiliki kebiasaan sering berkata kasar, sebaiknya segera hentikan kebiasaan itu sebelum kamu dijauhi oleh teman-temanmu.

 

2. Bad Mood Tanpa Alasan

Bad moodadalah perasaan wajar yang bisa datang kapan saja. Namun, jika seseorang sering merasa bad mood dan bermuka masam, maka siapapun enggan untuk mendekatinya.

Saat berada di suatu kelas, seorang yang sering bad mood pasti tidak akan menjadi pilihan utama saat ada pemilihan suatu kelompok. Dia akan menjadi pilihan terakhir atau cadangan saat tidak ada seorang pun yang menjadi pilihan.

Tidak salah lagi, sering bad mood tanpa alasan bisa membuat kita terlihat kurang cerdas karena kita dianggap tidak bisa menyesuaikan diri dalam kondisi tertentu.

 

3. Tidak Melakukan Kontak Mata Saat Berbicara

Dalam ilmu psikologi seperti yang dikutip dari Psychology Today, melakukan kontak mata saat berbicara menandakan orang yang cerdas, percaya diri, dan respon yang baik terhadap lawan bicara. Sedangkan orang yang tidak melakukan kontak mata saat berbicara menandakan orang yang kurang cerdas, sebuah penolakan, tidak percaya diri, bahkan sering dikatakan jika ia sedang menutupi suatu kebohongan.

Itulah sebabnya jika kamu ingin dianggap sebagai orang yang cerdas, tataplah matanya saat berbicara dan perhatikanlah dengan antusias. Jangan sampai orang menganggapmu kurang cerdas karena kebiasaanmu yang tidak melakukan kontak mata saat berbicara.

 

4. Banyak Berbohong

Ilustrasi orang yang sedang berbohong/Foto: pexels.com/george-milton

Kebohongan merupakan hal yang akan berkembang dan terus berkembang tanpa ujung. Orang yang tidak berpengetahuan biasanya akan melakukan sebuah kebohongan untuk melindungi dirinya sendiri. Tetapi, hal ini justru akan berdampak buruk bagi kehidupanmu.

Orang yang selalu berbohong akan terlihat kurang cerdas karena perkataannya selalu terlihat kosong dan penuh bualan. Jika kamu memang tidak tahu katakanlah yang sejujurnya atau lebih baik diam untuk menggali informasi terlebih dahulu. Jangan sampai kamu disebut sebagai tong kosong yang nyaring bunyinya.

Nah, apakah kamu masih sering melakukan 4 hal di atas? Mulai sekarang hindari hal-hal tersebut agar kamu tidak terlihat kurang cerdas di mata orang lain. (ria/k.red)