7 TOKOH DISABILITAS YANG MENGINSPIRASI DUNIA

7 TOKOH DISABILITAS YANG MENGINSPIRASI DUNIA

 

 

SARINAH NEWS, – MALANG, Siapa bilang penyandang disabilitas tidak menjadi menginspirasi orang lain? 7 tokoh ini mengalami disabilitas dan berhasil menginspirasi banyak orang.

Disabilitas sering dianggap sebagai penghambat untuk melakukan aktivitas layaknya orang non-disabilitas. Namun, disabilitas tidak menjadi penghalang bagi beberapa tokoh untuk membuat karya inovatif yang justru menginspirasi banyak orang. Nah, berikut ini akan dibahas seputar 7 tokoh disabilitas yang inspiratif. Yuk, temukan tokoh yang bakal menginspirasimu di sini!

 

1. THOMAS ALVA EDISON

Semua orang tahu bahwa Thomas Alva Edison merupakan seorang penemu lampu pijar. Selain itu, Edison juga memiliki 1.000 hak paten dan hasil temuannya bisa dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Siapa sangka jika Thomas Alva Edison pernah memiliki keterbatasan mental? Edison mengalami gangguan fokus belajar. Bahkan, ia tidak bisa membaca sampai usianya mencapai 12 tahun.

 

2. STEPHEN HAWKING

Yang satu ini adalah penyandang disabilitas yang sangat populer karena kejeniusannya. Ya, ialah Stephen Hawking, seorang fisikawan cerdas yang telah memperoleh banyak penghargaan. Salah satu penghargaan yang pernah diterima oleh Hawking adalah lifetime achievement dari Pontifical Academy of Sciences.

Hawking sendiri merupakan penyandang disabilitas fisik. Hawking mengalami amyotrophic lateral sclerosis, penyakit neuron motorik yang membatasi geraknya. Namun, keterbatasan fisik tidak membatasi Hawking untuk tetap membagikan ilmu dan pengetahuannya bagi orang lain.

 

3. NICK VUJICIC

Nick Vujicic adalah seorang penginjil dan motivator dari Australia. Pria ini pernah beberapa kali datang ke Indonesia untuk menjadi motivator di berbagai acara. Nick sendiri merupakan penyandang disabilitas fisik karena Tetra-amelia Syndrome yang membuat bagian tubuh untuk bergeraknya tidak bisa tumbuh.

Hidup tanpa kaki dan tangan membuat Nick menjadi korban bullying sejak di masa sekolah. Akan tetapi, bullying yang ia terima justru tidak menyurutkan niatnya untuk menyelesaikan studi hingga sarjana. Nick sukses menjadi motivator di berbagai negara. Bahkan, kini ia mendirikan organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan penyandang disabilitas agar mereka bisa hidup mandiri.

 

4. ABDURRAHMAN WAHID

Presiden keempat Indonesia yang juga mendapat julukan sebagai “Bapak Pluralisme” ini merupakan salah satu tokoh yang sangat menginspiratif. Sebagaimana yang kita tahu, pria yang akrab disapa Gus Dur ini mengalami glaukoma yang membatasi kemampuan penglihatannya.

Keterbatasan fisik yang dimiliki Gus Dur tidak membuat beliau patah arang. Ia berhasil menjadi orang nomor satu di Indonesia. Bahkan, salah satu jasa beliau yang dikenang oleh masyarakat Indonesia adalah ketika beliau mengakui agama Khonghucu dan mengizinkan perayaan hari raya imlek bagi masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa.

 

5. FRIDA KAHLO

Seniman yang terkenal pada awal tahun 1900-an ini bernama Frida Kahlo. Ia dikenal sebagai pelukis berbakat dari Meksiko. Namun, Frida sendiri merupakan penyandang disabilitas fisik di mana ketika usianya menginjak 6 tahun ia harus menderita polio. Penyakit tersebut membuat kaki kanannya lebih kecil dari kaki kirinya.

Tak hanya itu saja, Frida turut menderita spina bifida, penyakit kelainan bawaan yang dapat mempengaruhi tulang belakang dan perkembangan kaki. Keterbatasan fisik jelas bukan menjadi penghalang bagi Frida untuk tetap berkarya sehingga ia menjadi pelukis yang sangat dikagumi di Meksiko dan dunia.

 

6. MARLEE MATLIN

Tak ada yang menyangka bahwa aktris cantik Marlee Matlin merupakan seorang yang tuli. Matlin mengalami gangguan pendengaran sejak usianya 18 bulan karena koklea yang cacat secara genetis.

Hidup dengan sebagai tuna rungu ternyata tidak menghalangi kebebasan berekspresi Matlin. Kini, Matlin sukses menjadi aktris pemenang Academy Award dan Golden Globe Award untuk perannya dalam film “Children If a Lesser God”.

 

7. STEVIE WONDER

Kalau kamu pernah mendengar lagu “I Just Called to Say I Love You”, kamu pasti mengenal sosok yang menyanyikan lagu tersebut. Ya, siapa lagi kalau bukan Stevie Wonder. Penyanyi legendaris di blantika musik internasional ini selalu mengenakan kacamata hitam karena ia merupakan tuna netra. Wonder lahir dalam kondisi buta.

Menariknya, meskipun Wonder tidak mampu melihat, ia menciptakan begitu banyak lagu hits. Bahkan, tembang-tembang yang dibawakan Wonder tidak pernah lekang oleh zaman. Stevie Wonder sukses menjadi salah seorang penyanyi yang paling dicintai di dunia.

Nah, tokoh penyandang disabilitas di atas bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk tetap berkarya dan memiliki kebebasan berekspresi tanpa batas. Walaupun kamu memiliki keterbatasan fisik maupun mental, kamu tetap bisa menciptakan karya-karya yang berguna bagi orang lain.

Jika kamu ingin turut berpartisipasi dalam membantu saudara-saudara penyandang disabilitas lainnya, ikut campaign #GerakTakTerbatas bersama Rexona, yuk! Unduh aplikasi Gerak by Rexona di smartphone-mu maka setiap langkahmu akan dihitung. Langkahmu nanti akasarin diakumulasikan untuk ditukar dengan kursi roda yang bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang disabilitas. (sarinah)

 

 

 

Artikel ini telah dimuat oleh Okezone.com dengan judul, “Tokoh Menginspirasi Dunia, dari Albert Einstein Hingga Stephen Hawking”. Tim Litbang MPI. Sabtu, 11 Desemver 2021