Kota Batu Menggelar Pilkades Serentak

Kota Batu Menggelar Pilkades Serentak

sarinahnews.com -Batu, Di 5 desa yang menggelar pilkades serentak pada 2022 ini, yakni, Desa Pandanrejo, Desa Bulukerto, Desa Sumbergondo, dan Desa Sumber Brantas di Kecamatan Bumiayu. Dan, Desa Pesanggrahan di Kecamatan Batu.

Sedangkan untuk tahapan Pilkades telah dilalui dan penetapan cakades dan nomor urut telah diumumkan pada 30 Juli 2022 yang lalu. Setelah itu masa kampanye selama tiga hari mulai 19-21 Agustus. Dan selanjutnya pemungutan dan penghitungan suara digelar pada 28 Agustus tadi pagi. (28/8/2022)

Bagaimanapun juga, untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak Kepolisian dan Dandim Kota Batu sudah melakukan antisipasi sebelumnya jika terjadi hal yang tidak diinginkan terkait ketidak puasan masyarakat dalam penghitungan suara Pilkades di 5 Desa.

Antisipasi tersebut antara lain sudah mendatangi panitia Pilkades Kota Batu 2022. Lebih lanjut, termasuk berkoordinasi dengan para tokoh yang ada di masing-masing desa untuk menyukseskan jalannya pilkades.

Di TPS 9, Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji, dengan Perolehan suara antara lain, No urut 1. 64 suara, No urut 2. 363 suara, No urut 3. 809 suara dan No urut 4.1974 suara. Saniman menang telak di TPS 9 tersebut.

Kejadian pilkades ini banyak didominasi pemenangnya di nomor urut 4, antara lain:
1. Desa Sumber Brantas No urut 4, Saniman.
2. Desa Sumbergondo No urut 4, Hadi Purwanto
3. Desa Pandanrejo No urut 4, Abdul Manan
4. Desa Bulukerto No urut 2, Suhermawan
5. Desa Pesanggrahan No urut 1, Imam Wahyudi.

So, Desa Sumber Brantas, Saniman kepala desa baru. Sumbergondo, Hadi Purwanto kepala desa baru. Desa Pandanrejo, Abdul Manan kepala desa baru. Desa Bulukerto, Suherman kepala desa baru. Desa Pesanggrahan, Imam Wahyudi kepala desa baru.

Angka 4 adalah angka kebajikan dan kesejahteraan, gambaran alam dan tradisi barat memiliki empat musim dan empat arah kompas dalam tradisi dan numerologi barat, empat pada umumnya adalah angka yang ramah dan menguatkan kehidupan.

However, Ini memiliki energi landasan yang kuat dan itu akan mengajari kita pelajaran yang perlu kita pelajari untuk bergerak maju dalam hidup dan bermasyarakat.

Pilkades serentak 2022 di Kota Batu diikuti 20 calon kades dengan 3 di antaranya adalah petahana. Total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan tempat pemungutan suara (TPS) ada sebanyak 26.830 pemilih dan 66 TPS.

Rinciannya, Desa Pandanrejo ada 4.610 pemilih, 11 TPS dan 5 calon kades. Di Desa Pesanggrahan ada 9.736 pemilih, 26 TPS dan 5 calon kades. Desa Sumber Brantas ada 4 calon kades mereka berebut suara 3.535 pemilih dengan 9 TPS. Desa Bulukerto terdapat 2 calon kades berebut suara 4.949 pemilih di 12 TPS. Desa Sumbergondo, ada 4 calon kades suara 3.253 pemilih dan 8 TPS.

”Data DPT ini masih perlu update karena data ini adalah saat pelaporan awal, jika di lapangan diketemukan data ganda pasti akan dicoret,” tegas Aditya ketika mengikuti Dewanti nyoblos di TPS 13 Lahor.

Pemkot Batu mengalokasikan anggaran sebesar 1,2 miliar untuk penyelenggaraan pilkades serentak. Rincian anggaran itu adalah 850 juta dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dan 350 juta dari APBD Kota Batu.

Selamat dan sukses bagi kepala desa baru di 5 Desa, dan selamat bekerja untuk rakyat desa. Negara kuat ketika desa itu tumbuh subur dan makmur. Desa maju, tidak alergi dengan teknologi. Desa Hebat bukan desa penikmat. (red.sarinah)