EKO HERDIYANTO: SENAM SICITA HARUS DIBUMIKAN KE MASYARAKAT

EKO HERDIYANTO: SENAM SICITA HARUS DIBUMIKAN KE MASYARAKAT

SARINAH NEWS, -MALANG, – Melaksanakan Instruksi partai, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Eko Herdiyanto, bersama masyarakat Kota Malang, khususnya warga RW 05, Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing, diajak serta melakukan senam Sicita.

Senam cinta tanah air (SICITA) diadakan pagi hari, 07.00 WIB, di Jl. Sadewo RW 05 Polehan, kegiatan ini dipandegani oleh Eko Herdiyanto ketua Fraksi PDI Perjuangan Kota Malang, juga sebagai Seketaris DPC PDI Perjuangan. Minggu, (12/3/2023)

“Peserta senam ini diikuti sekitar 70 orang peserta yang sementara ini tidak melibatkan struktural partai, baik PAC maupun Ranting/Ank Ranting,” uangkap Eko Herdiyanto anggota dewan daerah pemilihan (DAPIL) Kecamatan Blimbing ini via WA.

Sesuai dengan instruksi partai bahwa pelaksanaan senam Sicita ini harus dilaksanakan oleh seluruh anggota Dewan terpilih dari Daerah Pemilihan (DAPIL) masing-masing, baik anggota DPR RI, DPRD Provinsi maupun Kota/Kabupaten.

Dihubungi via WA oleh awak media, Eko Heriyanto yang juga anggota Komisi C DPRD Kota Malang, ditanya mengapa senam Sicita tidak melibatkan struktural partai, beliau menjawab via WA, bahwa dia sengaja ingin melebarkan sentuhan gerakan ke komunitas senam dan warga masyarakat di RW 05.

“Ya.. karena di Kecamatan Blimbing anggota dewannya dari PDI Perjuangan ada 3 orang termasuk saya, kita harus bagi tugas dan wilayah jelajah sentuh pada masyarakat dan struktural partai,” tulisnya via WA.

“Bukannya tidak melibatkan strutural secara total, tetapi tetap ada di wilayah dapil anggota dewan terpilih masing-masing. Masyarakat harus tersentuh,” imbuhnya.

“Giat Senam Sicita serentak ini sudah dilakukan dan memang harus dilakukan oleh seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan se Jatim termasuk 12 anggpta Fraksi PDI Perjuangan di DPRD kota Malang,” kata Eko Herdiyanto yang juga Seketaris DPC PDI Perjuangan kota Malang dalam WA.

Lebih lanjut, bahwa giat Senam sicita ini merupakan perintah DPD partai dalam rangka untuk menggelorakan dan memasyarakatkan Senam untuk membentuk pola hidup sehat jasmani dan rohani.

Senam Sicita adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDI Perjuangan berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta yang pertama kali diperkenalkan dan dipopulerkan oleh PDI Perjuangan untuk pengurus struktural dan masyarakat di awal Januari 2022.

Bahkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mencanangkan Sicita sebagai senam wajib bagi para kader partainya.

Selain itu, senam sicita mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, mudah dilakukan bagi seluruh masyarakat baik yang tua maupun muda bahkan anak-anak serta memiliki musik yang dinamis, nasionalis dan unsur daerah.

“Gerakan senam sicita ini merupakan perpaduan antara gerak badan dan olah nafas yang disinkronisasikan dengan aransemen musik daerah dan lagu-lagu nasional.

Sehingga bisa Saya sampaikan bahwa senam sicita ini sebagai ungkapan rasa nasionalisme dan sekaligus memberikan persembahan untuk bumi Pertiwi tercinta ini,” tutup Eko Herdiyanto asli putra Polehan ini.

Sebagai seketaris DPC PDI Perjuangan Kota Malang, dia berharap warga masyarakat terutama anggota struktural Partai dapat memiliki spirit nasionalisme bagaikan api yang tak pernah kunjung padam.

Dengan spirit sehat jasmani dan rohani, roh nasionalisme senam sicita ini diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Sebagai struktural DPC Partai sesuai target motivasi yang digelorakan oleh Ketua DPC kota Malang, I Made Riandiana Kartika, pemilu 2024 nanti Kita harus menang hattrick spektakuler dengan tambahn suara partai yang berimplikasi pada tambahan kursi di DPRD kota Malang. (sarinah)