Haru! Rakernas V PDI Perjuangan, Megawati Ucapkan Terimakasih pada Rakyat Indonesia

Haru! Rakernas V PDI Perjuangan, Megawati Ucapkan Terimakasih pada Rakyat Indonesia

 

JAKARTA | SARINAH NEWS || – Luar Biasa! Ribuan Kader PDI Perjuangan Merahkan lokasi Rakernas V PDI Perjuangan di Ancol, Jakarta. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri Resmi Buka Rakernas V PDI Perjuangan.

Rakernas V PDI Perjuangan berkangsung 24-26 Mei 2024 di Beach City Internasional Stadium Ancol, Jakarta.

Dalam rakernas, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri membacakan pidato politiknya. Selain Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan sejumlah tokoh hingga menteri hadir dalam pembukaan Rakernas V PDI Perjuangan. Jumat (24/5/2024).

Rakernas PDI-P kali ini mengambil tema ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’ dengan sub tema ‘Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya’.

Dalam rakernas akan dirumuskan langkah-langkah konsilidasi, persiapan pilkada serentak, dan juga sikap PDI Perjuangan dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Dan, Rakernas V PDI Perjuangan juga akan mengevaluasi Petugas Partai di Legislatif hingga Eksekutif.

Selain itu, akan diadakan sidang-sidang dari komisi-komisi terkait evaluasi pelaksanaan kegiatan partai selama empat tahun terakhir.

Selain Megawati, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani juga akan menyampaikan pidato politik. Hasto juga mengaku bakal menyampaikan laporan progres partai selama ini kepada seluruh kader peserta Rakernas.

“Kemudian kita mendengarkan pandangan umum DPD-DPD Partai yang telah menyerap aspirasi dari arus bawah, anak ranting dan PAC partai,” ujar Hasto.

Setelah itu, acara rakernas dilanjutkan dengan pembekalan dari pihak eksternal berkaitan dengan problematika yang dihadapi bangsa.

Rakernas V PDI Perjuangan dari mereka yang hadir di antaranya adalah mantan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo Mahfud MD, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, serta politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Djan Faridz.

Kemudian, terlihat juga Wakil Presiden (Wapres) ke-6 RI Try Sutrisno, mantan Panglima TNI, Andika Perkasa, mantan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto.

Dan neberapa menteri Kabinet Indonesia Maju juga terlihat hadir, seperti Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Kemudian, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas,  Sekretaris Kabinet (Sekab) Pramono Anung, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Hendrar Prihadi.

Namun, diketahui Presiden Joko Widodo tidak diundang dalam Rakernas V PDI Perjuangan yang sedang berada di Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY) untuk kegiatan internal.

Ketua DPP PDI Perjuqngan, Djarot Saiful Hidayat menyebut, bahwa Jokowi tidak diundang karena melihat padatnya jadual presiden yang begitu padat, alasan yang sama juga tidak mengundang Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dalam pidato yang dibacakan oleh Megawati, menyampaikan ucapan terimakasih pada seluruh rakyat Indonesia yang masih setia dan percaya kepada PDI Perjuangan sebagai wadah kedaulatan aspirasi politiknya, dan menang hattrick Pemilu 2024.

“Saya bilang pada Pak Sekjen, sudah ingatkan saja, kita punya Api Perjuangan nan tak kunjung padam. Nah! Api inilah yang menjadi sumber semangat dan cahaya terang di dalam menghadapi kegelapan demokrasi dengan PDI Perjuangan untuk terus memimpin pergerakan bangsa menuju cita-cita Indonesia Raya,” ucap Megawati dalam sambutannya.

“Saya ucapkan beribu-ribu terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang dengan penuh semangat dan kecintaannya selalu mendukung PDI Perjuangan hingga tetap berdiri tegak tetap menjadi pemenang pemilu legislatif yang ke tiga kali,” lanjutnya. (sarinah)

 

Sumber, Kompas.com, artikel ini telah tayang dengan judul, “Tanpa Jokowi, Ini Sejumlah Menteri hingga Ketua Umum Partai yang Hadir di Rakernas PDI-P”