Kepala dan Wakil Otorita IKN Mundur, Jokowi Menunjuk Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN

Kepala dan Wakil Otorita IKN Mundur, Jokowi Menunjuk Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN

 

JAKARTA | SARINAH NEWS || – Berita mundurnya Bambang Susantono sebagai Ketua dan disusul Dhony Rahajoe Wakil ketua Otorita IKN yang telah disampaikan melalui surat resmi, telah diterima Presiden Jokowi.

Terkait pengundurua diri orang nokor 1 dan 2 di IKN, Ini disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, Pratikno dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

“Bapak Presiden [Jokowi] menerima surat pengunduran diri dari Dhony Rahajoe selaku wakil kepala otorita IKN. Kemudian, beberapa waktu berikutnya pak presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bambang Susantono sebagai kepala otorita IKN,” kata Pratikno, Senin siang.

Presiden Jokowi, kata Pratikno, telah menerbitkan keputusan presiden tentang pemberhentian keduanya dengan hormat.

Ia mengatakan, Jokowi menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Sosok Bambang Susantono
Dirangkum dari catatan pemberitaan detikcom, Bambang Susantono mengawali kariernya di bidang transportasi.

Ia pernah menduduki posisi ketua umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) ini awalnya bekerja di Departemen Pekerjaan Umum, pada tahun 1996 dia meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley.

Karena keahliannya, Bambang juga sempat menjabat Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Ia kemudian pun ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014. Setelah tak menjabat Wakil Menteri Perhubungan, ia fokus berkarier di luar negeri.

Ia dipercaya menjabat Vice President Asian Development Bank (ADB).

Di ADB, Bambang juga mengawasi pengembangan publikasi dan laporan unggulan ADB tentang indikator pembangunan Asia, outlook pembangunan Asia, dan indikator ekonomi.

Posisi Bambang di ADB menggantikan Bindu Lohani, yang telah memasuki masa pensiun.

Berkat pengalamannya tersebut, Bambang dipanggil lagi untuk bekerja di pemerintah. Ia dilantik sebagai Kepala Otorita IKN pada 22 Maret 2022. Bambang memimpin IKN didampingi wakilnya, Dhony Rahajoe. (sarinah)

 

 

Sumber, artikel detiknews, dengan judul, “Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Mengundurkan Diri”
Jakarta, 3 Juni 2024