NGOBROL INSPIRATIF BERSAMA JAKSA DENGAN PARA PENGHAYAT KEPERCAYAAN KOTA BATU

NGOBROL INSPIRATIF BERSAMA JAKSA DENGAN PARA PENGHAYAT KEPERCAYAAN KOTA BATU

 

sarinahnews.com – Batu, Kota sejuk, Kota Pariwisata Malang, Kantor Kejaksaan Negeri Batu mengajak masih berselimut kabut, dihamprkan kegiatan  “Ngopi Saja” (Ngobrol Inspiratif Bersama Jaksa), Para Penghayat Kepercayaan Kota Batu Dengan Tema, “Peran Penghayat Dalam melestarikan Kebudayaan Dan Menjaga Ideologi Pancasila”, gayeng berdialogue sambil ngopi di Ruang rapat Utama Kantor Kejaksaan Kota Batu, Kamis ( 1/9).

Kegiatan yang bertema “Peran Penghayat Dalam Melestarikan Kebudayaan dan Menjaga Ideologi Pancasila” tersebut sebagai bentuk kepedulian Kejaksaan Negeri Batu terhadap para kelompok Penghayat di Kota Batu dan sebagai wadah bagi para penghayat untuk
mendapatkan solusi dari berbagai masalah yang dialami para penghayat. (2/9/2022)

Humas Kejari Batu, Edy Sutomo SH., MH. yang menjadi moderator dalam acara Ngopi Saja mengungkapkan, para Penghayat mendapatkan solusi dari para undangan, seperti Kepala Dinas yang hadir antara lain dari Dinas Pariwisata dan Dispedukcapil, Kesbangpol, Kemenag dan 15 kelompok penghayat kota Batu.

Bahwa, Dinas Pariwisata Kota Batu memberi kesempatan pada Kelompok penghayat yang sudah memiliki badan hukum untuk mendapatkan fasilitas dari Dinas Pariwisata berupa sarana dan prasarana di Sendratari Arjuna Wiwaha dan juga bisa memanfaatkan Lahan di daerah Junggo untuk kegiatan pelestarian kebudayaan Kota Batu.

Sementara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memberikan kemudahan bagi para penghayat untuk membuat KTP sesuai dengan Aliran Kepercayaan masing-masing.

Disebutkan dari penghayat baru 16 orang yang terdaftar yang mempunxai KTP penghayat padahal di Kota Batu ada 15 Kelompok Penghayat.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Batu telah menjadi inisiator kegiatan seperti ini, pelestarian kebudayaan di Batu sehingga para Juru Kunci pada punden di seluruh wilayah Kota Batu mendapatkan insentif dari pemkot Batu sebagai bentuk kepedulian dan pelestarian kebudayaan di lingkungan pemerintahan Batu.

Kegiatan Ngopu aja dihadiri Agus Rujito, SH., MH. Kepala Kejaksaan Negeri Batu, Edi Sutomo, SH., MH. Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Batu, Arief As Sidiq, MH Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Dr. Eny Rachyuningsing Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Wiwik Nuryati Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu, Badrut Tamam Kabid Bakesbangpol Kota Batu Mewakili Kabakesbangpol Kota Batu, M. Asaddin Nur staf Humas Kemenag Kota Batu Mewakili Kakemenag Kota Batu serta 15
kelompok Penghayat yang ada di Kota Batu.

Acara “Ngopi Saja” (Ngobrol Inspiratif Bersama Jaksa) adalah Program rutin yang dilaksanakan oleh kejaksaan Negeri Batu yang bertujuan agar kejaksaan negeri Batu bisa lebih dekat dengan semua unsur dan kalangan masyarakat yang ada di Kota Batu.

Bagaimanapun juga, Kehadiran Kejaksaan Negeri Batu agar bisa lebih dekat dan bersinergi dengan Masyarakat Kota Batu. (red)