PARPOL HADIR RAPAT PLENO TERBUKA DPHD TINGKAT KECAMATAN

PARPOL HADIR RAPAT PLENO TERBUKA DPHD TINGKAT KECAMATAN

SARINAH NEWS, MALANG, – Ketua PPK, Muhariadi yang akrab dipanggil Dicky memimpin jalannya rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Penilih Hasil Pemutakiran (DPHP) Pemilu 2024 dilaksanakan di Hall Kantor Kecamatan Klojen.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP diikuti oleh 11 PPS dari sebelas Kelurahan se-kecamatan Klojen, Panwascam, POLSEK klojen, Kodim dan beberapa perwakilan dari Parpol, hadir. Minggu, (2/4/2023)

Hadir Ketua KPUD Kota Malang, Aminah, dan Bawaslu, dalam kesempatan itu, awak media menemui secara langsung ketua KPUD, Aminah menyampaikan kesiapannya untuk mempimpin sidang rekapitulasi DPHD dari 5 kecamatan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada tanggal 5 April 2023 di tingkat Kota Malang.

Sebelum rapat pleno rekapitulasi DPHD dimulai, Heri Sunarko, selaku Camat Klojen Kota Malang berpesan untuk menetralisir anasir-anasir jahat baik dari dalam negeri maupun luar negeri, termasuk ajakan GOLPUT itu adalah upaya menggagalkan Pemilu 2024 nanti.

“Negara yang menganut sistem demokrasi, Pemilu tiu adalah harga diri bangsa itu. Kalau pemilu gagal, harga diri bangsa itu jatuh dan rusak!. Kita jangan mau dirusak!,” pesan Heri Sunarko Camat Klojen.

“Kera Ngalam Gak Nyoblos gak mbois Ker!” tuturnya. (arek Malang tidak nyoblos tidak mbois/tidak hebat)

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran ( DPHP ) di tingkat Kecamatan atau PPK dipimpin langsung oleh Muhariadi yang akrab dipanggil Dicky, Ketua PPK Kecamatan Klojen.

Berdasarkan Peraturan KPU No. 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU No. 2 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih serta Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 27 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Negeri pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Hasil rekapitulasi pemutakhiran Data Pemilih dari 11 PPS (11 Kelurahan, red) terekam berdasarkan data rekapitulasi disampaikan sebanyak 77.121 orang tersebar di 281 TPS di wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang.

Dengan rincian data hasil perbaikan sebagai berikut:

* Jumlah TPS Kecamatan Klojen – 281
* Jumlah pemilih aktif – 77,121
* Jumlah pemilih baru – 2.048
* Kumlah pemilih tidak memenuhi syarat – 2.117
* Perbaikan data pemilih – 1.777
* Pemilih potensial Non-KTP El – 598

Terjadi penambahan TPS di RW 01 kelurahan Rampal Claket, total TPS semula 16 TPS menjadi 17 TPS.

Dilanjutkan Penandatanganan Berita Acara Rekapitulasi Daftar Perubahan Pemilih Hasil Pemutakhiran oleh Panitia Pemungutan Kecamatan ( PPK ) Kecamatan Klojen yang dituangkan dalam Berita Acara (BA), No. 10/PP. 05. 1-BA/35.73. 02/2023 tertandatangani.

Disela-sela proses rapata pleno DPHD, awak media mendekati Aminah Ketua KPUD yang sedang mengawasi jalannya rapatbpleno tersebut, berbincang ringan.

“Rapat Pleno terbuka rekapitulasi DPHP ini adalah dari hasil kerja petugas pantarlih yang hasilnya tersusun jumlah data pemilih yang sudah ditetapkan ditingkat PPS dan hari ini sedang dilaksanakan rapat pleno DPHD di 5 Kecamatan, termasuk Kecamatan Klojen ini,” tutur Aminah Ketua KPUD Kota Malang.

“Setelah tersusun data DPHD dari masing-masing Kecamatan, nanti akan ditetapkan dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan diplenokan di tingkat Kota dari 5 kecamatan, insyaalah dilaksanakan pada tanggal 5 April 2023,” katanya.

“Jadi, setelah ditetapkannya DPS, masyarakat bisa memberikan tanggapannya terkait DPS, barangkali masih ada yang belum terdaftar sehingga bisa langsung ke PPS, PPK, atau langsung ke KPUD kota Malang,” tutupnya. (awik)

Editor : sarinah